Cuci Karpet Sendiri atau Menggunakan Jasa Laundry?

Cuci Karpet Sendiri atau Menggunakan Jasa Laundry?

Cuci Karpet Sendiri atau Menggunakan Jasa Laundry? Ini Alasannya – Karpet banyak dipilih sebagai salah bagian dari dekorasi rumah yang menarik. Peletakannya sendiri, bisa di ruang tamu, ruang keluarga atau kamar tidur. Dan tidak hanya bisa digunakan sebagai alas duduk atau alas penutup lantai, karpet juga bisa meredam suara hingga tidak terdengar terlalu bising.

Bahan karpet sendiri cukup beragam, Anda bisa menemukan karpet dari bahan wol, nilon, sutera, sisal, hingga bahan PP atau Polypropylene, yaitu sejenis bahan sintetis. Semua bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan yang paling penting, karpet harus dibersihkan secara berkala.

Sepintas, cuci karpet sepertinya bukan hal yang sulit dan bisa dilakukan secara mandiri. Namun tahukah Anda, bahwa pekerjaan yang satu ini cukup berat dan sebaiknya memperhatikan beberapa prosedur. Tujuannya tentu, agar karpet bisa bersih maksimal dan tidak meninggalkan bau atau jamur.

Ada banyak peralatan yang perlu Anda siapkan sebelumnya untuk mencuci karpet ini. Mulai dari vacuum cleaner, tongkat pengebuk, detergen dan pewanginya, tempat untuk menjemur hingga ruang yang cukup luas untuk membentangkan karpet saat proses membersihkannya.

Setelah proses mencuci dan mengeringkannya, tugas Anda membersihkan karpet masih juga belum selesai. Karena Anda biasanya masih akan menemukan debu-debu halus yang harus dibersihkan kembali dengan menggunakan vacuum. Sampai di sini, Anda sudah bisa membayangkan betapa tugas Anda tidak menjadi lebih mudah.

Cuci Karpet Jakarta

Untuk Anda yang tidak punya cukup waktu dan enggan karpet menjadi rusak, ada baiknya menggunakan laundry atau jasa cuci karpet. Di mana Anda tidak perlu lagi memikirkan proses sulitnya membersihkan karpet, namun juga akan menerima karpet dalam keadaan bersih, wangi bahkan lebih baik dari sebelumnya.

Tidak hanya itu, Anda hanya cukup diam di rumah dan memanggil jasa cuci karpet tersebut untuk mengantar dan menjemput karpet Anda. Sementara untuk proses pembayaran pun cukup mudah, karena dengan proses transfer, Anda bisa melakukannya di mana saja.

Cuci Karpet Kantor

Sementara bila karpet yang akan dibersihkan berada di wilayah perkantoran. Maka, layanan laundry karpet, akan melakukan proses pembersihan langsung di kantor. Karena memang biasanya karpet yang digunakan sudah tertanam di lantai dan akan sulit bila dibongkar pasang.

Ada dua metode yang biasa digunakan untuk cuci karpet kantor ini. Yang pertama yaitu, metode cuci karpet standar. Di mana pada proses ini, debu pada karpet akan dihilangkan debunya dengan menggunakan vacuum cleaner. Selanjutnya karpet akan dicuci dengan mesin sikat karpet.

Metode yang pertama ini biasanya diterapkan pada karpet yang biasanya berada di koridor atau pada karpet hall. Karpet-karpet tersebutlah yang paling sering kotor karena paling banyak dilalui. Kemudian, metode yang kedua adalah cuci karpet kering atau dry cleaning carpet.

Pada metode ini, karpet akan dicuci dengan menggunakan bahan kimia. Caranya dengan menaburkan bubuk atau powder pada karpet yang kotor. Sebelum dibersihkan dengan mesin sikat otomatis, bubuk kimia yang mengandung desinfektan tersebut akan didiamkan beberapa saat, yang fungsinya untuk mengangkat kotoran, tungau maupun kutu.

Rumitnya membersihkan karpet sepertinya bisa menjadi halangan besar untuk membersihkannya sendiri. Terlebih bila karpet berukuran cukup besar dan dalam keadaan yang sangat kotor.

Itulah informasi singkat mengenai proses cuci karpet, yang ternyata tidak mudah. Memilih menggunakan jasa cuci karpet sepertinya jawaban terbaik untuk Anda, terutama bila Anda ingin karpet kembali bersih, wangi dan terbebas dari kutu atau tungau yang bisa saja tetap menempel, bila Anda mencuci karpet mandiri secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.